INI EPITA DADAH!

PENGERTIAN dari GEN, ALEL, HOMOZIGOT, HETEROZIGOT, DOMINAN, RESESIF, FENOTIP, GENOTIP, dan MUTASI

PENGERTIAN dari GEN, ALEL, HOMOZIGOT, HETEROZIGOT, DOMINAN, RESESIF, FENOTIP, GENOTIP, dan MUTASI

GENE
Gene atau gen adalah bagian dari kromosom atau salah satu kesatuan kimia (DNA) yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup. Gen diturunkan oleh individu keketurunannya.

. Alel
Alel adalah gen yang memiliki lokus (posisi pada kromosom) yang sama, tetapi memiliki sifat bervariasi yang disebabkan mutasi pada gen asli. Dari sudut pandang genetika klasik, alel (dari bahasa Inggris allele) adalah bentuk alternatif dari gen dalam kaitannya dengan ekspresi suatu sifat (fenotipe).

      Homozigot
Homozigot terjadi ketika individu memiliki kromosom dengan alel yang sama atau identik untuk disetiap lokus gen-gennya.

. Heterozigot
Heterozigot terjadi ketika individu memiliki alel-alel yang berbeda pada suatu lokus untuk setiap kromosomnya.

. Dominan
Dominan adalah gen yang menutupi ekspresi dari gen lain, sehingga sifat dari gen tersebut dapat terekspresikan pada keturunannya. Sifat dari gen dominan dapat terekspresikan di keadaan homozigot maupun heterozigot.

. Resesif
Resesif adalah gen yang tertutupi oleh gen dominan, sehingga tidak sanggup atau tidak mampu mengekspresikan sifatnya. Sifat dari gen resesif hanya akan atau bisa terekspresikan jika ada pada keadaan homozigot.

. Fenotip
Fenotip adalah suatu sifat fisik maupun fisiologis yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh susunan genetiknya (genotipe) dan lingkungan serta interaksi keduanya.

. Genotip
Adalah susunan genetik suatu sifat yang dikandung suatu individu yang menyebabkan munculnya sifat-sifat pada fenotip.

. Mutasi
Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA atua RNA) suatu sel dari oerganisme yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti: radiasi cahaya matahari, radiasi nuklir, bahan kimia (mutagen), virus, atau kesalahan pada saat meiosis. Mutasi dapat terjadi pada tingkat GEN maupun KROMOSOM.

Sumber : http://remix-of-all.blogspot.com/2015/10/pengertian-dari-gen-alel-homozigot.html?m=1

0 komentar: