INI EPITA DADAH!

kerajinan tangan dari kayu


11 Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Kayu



Dalam mempelajari seni rupa, kita dapat mencoba untuk mempraktekkan maupun mengamati karya salah satu aktifitas di cabang seni rupa yakni kerajinan tangan. Kerajinan tangan merupakan kegiatan untuk memproses berbagai macam bahan yang ada disekitar melalui berbagai teknis untuk mendapatkan karya seni yang tidak hanya indah namun juga memiliki fungsi fungsi tertentu.

Contoh beberapa bahan yang dapat dijadikan kerajinan seperti macam macam kerajinan tangan dari kardus, kain perca, koran, kertas, dan berbagai macam bahan lain yang dapat kita temui. Kayu merupakan salah satu bahan kerajinan tangan yang dapat diproses menjadi berbagai macam karya seni. Beberapa macam kayu dengan berbagai karakteristiknya yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan antara lain :

  • Kayu Mahoni

Jenis kayu yang bisa didapat dari daerah yang bermusim kering maupun basah ini sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan mebel, alat olahraga, alat musik, dan keperluan bangunan lainnya. Kayu ini memiliki kualitas yang baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang pas namun tidak tahan terhadap rayap.

  • Kayu Jati

Kayu ini merupakan jenis kayu yang paling kuat diantara lainnya sehingga memiliki harga yang lebih mahal karena merupakan kayu yang paling awet diantara lain jenis kayu lainnya. Kayu yang memiliki karakteristik daya retak rendah, corak warna coklat muda hingga kehijauan, berserat lurus dan bertekstur agak kasar sangat cocok dijadikan salah satu bahan kerajinan tangan terutama yang dikerjakan dengan teknik ukiran.

  • Kayu Pinus

Kayu yang memiliki urat menyerupai kayu jati ini sangat sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam kerajinan tangan. Karena harganya yang lebih murah, kayu ini dapat digunakan sebagai alternatif penganti kayu jati.



  • Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling juga memiliki harga yang relatif mahal seperti kayu jati. Dengan corak dan urat yang indah menjadikan berbagai macam kerajinan tangan yang dibuat dari kayu ini lebih mewah. Yang paling menarik dari kayu ini adalah warnanya yang tidak biasa, hitam keunguan.

  • Kayu Akasia

Jika dilihat dari bentuknya mungkin akan sulit membedakan kayu akasia ini dengan kayu jati. Namun kayu ini lebih rentan terhadap jamu, rayap, serta memiliki bobot yang lebih berat dan lebih keras. Dengan warna coklay dan serat yang khas, kayu ini tergolong jenis kayu yang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam bentuk.

  • Kayu Trembesi

Kayu yang umumnya digunakan untuk membuat meja ini dapat dengan mudah ditemui dimanapun karena bisa tumbuh dalam kondisi apapun di iklim tropis. Kayu yang memiliki komposisi warna putih diluar dan coklat ditengah ini memiliki harga yang lebih murah dari kayu jati dan cocok digunakan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan.







0 komentar: